5 Cara Membersihkan Kamar Mandi dengan Cepat

Kamar mandi adalah salah satu area di rumah yang paling rentan terhadap kotoran dan membersihkan kamar mandi bisa menjadi hal paling memberatkan. Anda harus berhadapan dengan kotoran menjijikkan seperti yang ada pada keramik kamar mandi. Namun, di sisi lain kamar mandi harus tetap menjadi ruangan yang bersih agar Anda sekeluarga tetap nyaman saat melakukan aktivitas di dalamnya. Oleh karena itu, Anda harus membersihkannya secara rutin. Selain agar terhindar dari segala kuman penyakit, kamar mandi yang bersih akan jauh tampak lebih cerah.

Jika Anda bingung harus memulainya darimana, yuk langsung saja simak berikut ini

5 Tips Membersihkan Kamar Mandi Dengan Cepat!

1. Keluarkan Semua Barang dalam Kamar Mandi

Cara Membersihkan Kamar Mandi

Cara pertama untuk membersihkan kamar mandi adalah Anda harus mengeluarkan semua barang yang ada di dalamnya terlebih dahulu. Hal ini penting agar tidak menghalangi Anda saat menerapkan cara membersihkan kamar mandi selanjutnya. Sembari mengeluarkan, Anda bisa sekalian membersihkan debu atau kotoran yang menyelip. Isi penuh jika botol sabun maupun shampoo sudah hampir habis. Kemudian, pilah barang yang sudah pasti tidak digunakan lagi dan silakan dibuang. Dengan memilah barang, selain memudahkan dalam proses membersihkan kamar mandi dapat juga menjadikan kamar mandi kita menjadi lebih luas dan rapi

2. Membersihkan Lantai Area Mandi atau Shower

Cara Membersihkan Kamar Mandi

Cara berikutnya Anda dapat memulai membersihkan di sekitaran area shower atau bathub yang biasanya lantainya lebih licin dibanding area lainnya. Hal itu akibat sering terpapar busa sabun mandi atau shampoo. Anda bisa membersihkannya dengan pembersih khusus kamar mandi seperti karbol. Gosok menggunakan sikat bergagang panjang supaya tenaga lebih kuat saat menggosok. Hindari penggunaan obat pembersih yang mengandung zat asam jika lantai kamar mandi merupakan keramik. Nat keramik kamar mandi terbuat dari semen dapat mengalami korosi sehingga dalam jangka waktu lama akan terkikis. Jangan lupa untuk membersihkan gumpalan rambut yang biasanya rontok dan menutup saluran air dengan menggunakan tisu.

3. Membersihkan Area Closet

Cara Membersihkan Kamar Mandi

Tidak bisa dipungkiri bahwa sumber utama bau tak sedap kamar mandi berasal dari kloset. Sehingga, harus dibersihkan hingga tidak menyisakan bau. Caranya dengan menuangkan pembersih khusus ke dalam kloset. Lalu diamkan beberapa saat dan gosok hingga ke sudut-sudut terdalamnya menggunakan sikat kloset. Setelah itu, manfaatkan flush atau bisa dengan menyiram langsung air untuk membuang sabun dan kotoran.

Jika Anda menggunakan closet duduk, bersihkan sandaran closet dari debu. Sementara untuk closet jongkok, sikat bagian alas kaki dan sekitarnya hingga bersih. Jika Anda juga mempunyai bidet, jangan lupa untuk dibersihkan dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

Baca juga : Desain Tangga Minimalis Cantik

4. Membersihkan Wastafel

Cara Membersihkan Kamar Mandi

Selanjutnya, Anda dapat membersihkan area wastafel. Wastafel bisa jadi tidak kalah kotor dibandingkan lantai maupun closet, terutama pada saringannya. Untuk hasil bersih yang lebih maksimal, wastafel bisa dibersihkan menggunakan cairan kimia seperti cuka putih atau baking soda, yang kemudian disiram air panas. Namun, perlu diingat agar tidak terlalu sering menggunakan baking soda karena dapat merusak pipa. Gunakan spons untuk membersihkan kerak yang membandel atau jika noda terselip bisa Anda gunakan sikat gigi untuk menyikatnya. Tipsnya jika terdapat kerak yang sulit dihilangkan, silan tutup sumbatan wastafel lalu tuangkan air panas ke dalamnya dan diamkan terlebih dahulu hingga suhunya turun.

5. Membersihkan Cermin

Cara Membersihkan Kamar Mandi

Cermin merupakan salah satu yang terpenting ada dalam kamar mandi. Namun, seringkali embun atau uap air membuat cermin menjadi cepat berjamur. Sabun pun kerap meninggalkan noda pada permukaannya. Oleh karena itu, cermin harus sering-sering dibersihkan. Caranya yaitu menggunakan kain microfiber basah yang sudah dibersihkan untuk mengelap kotoran yang menempel pada cermin. Kemudian, semprotkan sabun khusus kaca dan bersihkan menggunakan wiper atau alat kebersihan lain yang sudah Anda siapkan. Usap permukaan cermin hingga terlihat berkilau, bilas dengan air dan keringkan kembali

Lakukan cara membersihkan kamar mandi diatas minimal setiap seminggu sekali karena selain memudahkan proses pengerjaan juga tidak terlalu banyak noda yang melekat. Selain itu lakukan dengan bersama-sama agar tidak terlalu merasa lelah. Semoga ulasan artikel cara membersihkan kamar mandi ini dapat bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *