5 Tips Renovasi Kamar Mandi dengan Biaya yang Terbatas

Renovasi kamar mandi – Salah satu bagian dari rumah yang paling memerlukan perawatan dan perhatian khusus adalah kamar mandi. Ditambah lagi fakta bahwa interior ruangan ternyata baiknya dilakukan perubahan setiap 5 tahun sekali. Hal ini supaya mendapatkan nuansa baru dan bisa menghilangan kesan monoton dari ruang tersebut. Selain itu renovasi diperlukan untuk membuat kamar mandi minimalis bisa menjadi lebih nyaman dengan desain lain yang lebih memikat.

Namun, sebelum merenovasi kamar mandi minimalis, Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti ukuran kamar mandi, desain yang ingin diterapkan dan material yang ingin digunakan. Ketiga hal tersbeut akan berpengaruh pada besaran biaya yang dibutuhkan secara keseluruhan. Lalu, adakah tips lain yang perlu diperhatikan ketika hendak merenovasi kamar mandi dengan biaya terbatas? Yuk simak ulasan berikut ini.

5 Hal Yang diperhatikan Dalam Renovasi Kamar Mandi

1. Tema

Tema Renovasi Kamar Mandi

Tips yang pertama adalah menentukan tema atau konsep yang ingin diterapkan. Anda bisa tetap menggunakan konsep kamar mandi yang lama atau mencari konsep baru seperti minimalis, klasik, modern, mewah atau apapun itu sesuai selera. Beberapa tema populer kamar mandi yang bisa menjadi inspirasi Anda adalah tema pantai. Warna-warnanya yang menimbulkan efek tenang menjadikan tema pantai digemari sebagian orang. Warna seperti biru, abu-abu, dan hijau mampu memberikan kesan netral sehingga mudah dikombinasikan dengan berbagai hiasan dinding lainnya.

Jika Anda tertarik pada konsep unik, tema Rustic dapat diusung untuk diterapkan pada renovasi kamar mandi Anda. Dalam kamar mandi bertema rustic, warna yang paling banyak digunakan adalah pastel juga material dari kayu dengan warna yang lembut.

2. Tata Letak

Tata Letak

Penataan letak interior kamar mandi adalah hal penting yang perlu diperhatikan jika Anda ingin merenovasi kamar mandi. Meskipun kamar mandi minimalis Anda memiliki lahan terbatas, tetap saya desain intetior tidak boleh Anda acuhkan. Ini penting karena dengan desain yang matang bisa jadi membuat kamar mandi terkesan lebih luas. Letakkan perabotan yang memang diperlukan saja, seperti lemari penyimpanan berukuran kecil, tempat sampah, cermin dan gantungan pakaian atau handuk. Anda dapat meletakan lemari penyimpanan dibawah cermin dan wastafel. Kemudian, tempat handuk bisa diletakkan di dekat shower screen atau bathub, begitupula dengan gantungan baju. Apabila Anda menggunakan bathub, jangan lupa untuk menambahkan karpet atau kesed.

Baca juga : Desain Tangga Minimalis Cantik

3. Keramik Dinding dan Lantai

Keramik Dinding dan Lantai

Pemilihan motif lantai dan juga dinding kamar mandi memberikan andil yang cukup besar dalam merancang kembali kamar mandi Anda. Keramiki membuat dinding menjadi lebih mudah dibersihkan dan tidak mudah berjamur Tidak hanya itu, dinding keramik juga memberikan kesan mewah pada desain. Anda dapat mengganti keramik yang sekiranya rusak saja untuk meminimalisir kebutuhan budget yang harus dikeluarkan. Pastikan memilih motif yang serasi dengan keramik sebelumnya.

Namun, jika Anda sudah merasa bosan dengan corak dan warna keramik yang sebelumnya, Anda bisa memilih untuk menggantinya secara keseluruhan. Anda bisa menyiasati dengan melapisi sebagian dinding dengan keramik, dan sebagian lainnya cukup di cat biasa. Sedangkan untuk lantai, yang paling penting adalah pilih jenis dengan tekstur yang tidak licin, seperti porselen atau batuan.

4. Tata Pencahayaan

Tata Pencahayaan

Cahaya dapat memberikan ilusi tersendiri di sebuah ruangan, termasuk juga kamar mandi. Dengan pencahyaan yang tepat, Anda dapat membuat kamar mandi yang tidak luas menjadi terkesan lebih lapang. Ini adalah salah satu tips dalam merenovasi kamar mandi. Nuansa baru dapat diperoleh dengan memberikan warna lampu yang berbeda dari pada umumnya atau model lampu yang unik.

Pencahayaan direct dipasang pada plafon untuk menerangi seluruh bagian kamar mandi. Kemudian, area kering dipasang side lighting di kedua sisi cermin untuk menghalangi refleksi cahaya yang sebenarnya.

5. Shower dan Wastafel

Shower dan Wastafel

Shower menjadi pilihan tepat untuk kamar mandi berukuran minimalis. Untuk menghindari percikan air dari shower kamar mandi tidak membasahi seluruh lantai, Anda dapat menggunakan sekat kaca atau shower screen. Kemudian, untuk memberikan nuansa kamar mandi lebih cantik dan menawan, kehadiran wastatel dengan bentuk dan warna yang lebih modern bisa menjadi langkah yang tepat.

Itulah beberapa tips renovasi kamar mandi yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk memulai. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *